Rabu, 20 Oktober 2010

SILABUS FILSAFAT ILMU S2

Mata Kuliah: FILSAFAT ILMU

Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA

Dosen : Dr. Irwan Baadilla, M.Pd.

1. Tujuan :

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu;

  1. Memahami apa yang dimaksud berpikir secara filosofis tentang ilmu, perbedaan antara istilah pengetahuan dengan ilmu, pengertian ontologi, epistemologi, dan aksiologi, cara berpikir ilmu serta dapat menerapkan cara berpikir dan metode ilmiah dalam kegiatan akademik.
  2. Memahami pentingnya kemampuan bernalar dan berbahasa bagi manusia untuk memberi kedudukan lebih unggul dari pada binatang.
  3. Memahami sejarah ilmu pengetahuan dan budaya serta tokoh-tokoh pemikir untuk mengambil kearifan dan memperkokoh moralsebagai pemikir dan pengabdi pada kemanusiaan dan Tuhan, juga tidak gagap dalam menghadapi perkembangan ilmu yang tidak diduga sebelumnya.

2. Strategi Pekuliahan :

Pelaksanaan perkuliahan akan ditempuh melalui :

  1. Andragogik
  2. Presentasi/penyajian
  3. Tugas membuat makalah
  4. Diskusi

3. Pokok Bahasan

No

Pokok Bahasan

1.

Orientasi/Kontrak Belajar

2.

Makna Filsfat Bagi Manusia

3

Potensi Berpikir Manusia

4-5

Konsep Dasar Filsafat

6.

Hakekat Ilmu Pengetahuan

7.

Metode Ilmiah

8.

Sains : Bab. 11 BATAS NALAR, Rasionalitas & Prilaku Manusia, Donal B.Calne, KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), Jakarta 2004

9.

Prilaku Dan Otak : Bab. 12 BATAS NALAR, Rasionalitas & Prilaku Manusia, Donal B.Calne, KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), Jakarta 2004

10.

Akal Budi : Bab. 13 BATAS NALAR, Rasionalitas & Prilaku Manusia, Donal B.Calne, KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), Jakarta 2004

11.

Bab 8. Epistemologi – makna dan kebenaran : Pengantar Filsafat, Louis O.Kattsoff, Tria Wacana Yogya 2004

12.

Bab 9. Ontologi – pengertian-pengertian pokok : Pengantar Filsafat, Louis O.Kattsoff, Tria Wacana Yogya 2004

13.

Bab 15. Aksiologis – Masalah Nilai : Pengantar Filsafat, Louis O.Kattsoff, Tria Wacana Yogya 2004

14.

Bab VII. Pengembangan Filsafat Ilmu : Filsafat Ilmu, WR. Hendra Saputra, Pusat Sumber Belajar (PSB) FKIP UHAMKA, Jakarta 2006

4. Evaluasi :

  1. Diskusi
  2. Tugas makalah Individu ; Membuat proposal penelitian pendidikan berdasarkan kajian filsafat ilmu, (dikumpul sebelum UAS)
  3. Tugas makalah kelompok ; Membuat laporan Bab. Pada topik perkuliahan, (dikumpul pada waktu presentasi)
  4. UTS dan UAS

5. Kepustakaan ;

    1. Donal B.Calne, 2004, BATAS NALAR, Rasionalitas & Prilaku Manusia, KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), Jakarta
    2. Louis O.Kattsof,f 2004, Pengantar Filsafat, Tria Wacana Yogya
    3. Hendra Saputra. WR 2006, Filsafat Ilmu, Pusat Sumber Belajar (PSB) FKIP UHAMKA,Jakarta.
    4. Didi Atmadilaga,1994, Membuat dan Mengevaluasi Skripsi,Tesis,Disertasi Berdasarkan Filsafat Ilmu, STIP Pres Bandung
    5. Pranarka,A.M.W,1987, Epistemologi Dasar Suatu Pengantar, CSIC, Jakarta
    6. Poedjawijatna,I.R 1987, Manusia Dengan Alamnya (Filsafat Manusia), Bina Aksara, Jakarta
    7. Jamaluddin Kafie, 1989, Berpikir Apa dan Bagaiman ,Indah Surabaya
    8. Ali Anwar Dr. M.Si. 2005, Ilmu Perbandingan Agama Dan Filsafat, CV. Pustaka Setia Bandung.
    9. YP2LPM, 1984, Dialog Manusia,Falsafah, Budaya dan Pembangunan,Karya Anda Surabaya
    10. Dick Hartoko,1992, Tantangan Kemanusiaan Universal, Kanisius Yogyakarta.

---------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar